Mengenal Lebih Dekat Tentang CSMS

Mengenal lebih dekat tentang CSMS yang mungkin belum Anda pahami lebih dalam. Bagi sebagian orang mungkin asing dengan singkatan CSMS. Namun bagi Anda yang bekerja di bidang konstruksi atau mungkin memiliki perusahaan kontraktor pastinya sudah tidak asing dengan CSMS bukan?

Pengertian CSMS

CSMS adalah singkatan dari contractor safety management system yang merupakan sistem manajemen untuk mengelola kontraktor dalam lingkungan perusahaan. Sistem ini berupa komprehensif dalam pengelolaan kontraktor mulai dari tahap perencanaan sampai pelaksanaan pekerjaan.

CSMS ini berupa dokumen yang berisi tentang mekanisme kontrol, monitor dan memperbaiki pelaksanaan program Keselamatan & Kesehatan Kerja serta Lindungan Lingkungan.  Sistem K3 ini tertuang dalam satu dokumen kerja yang berisi mengenai penjelasan K3, laporan, audit serta tenaga ahli K3 yang bersertifikat dan berkaitan.

Manfaat Penerapan CSMS Pada Perusahaan Kontraktor

  • Mengurangi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat pekerjaan, serta mengurangi resiko berkurang/hilangnya waktu kerja, biaya pengobatan dan ganti rugi.
  • Meningkatkan efektifitas sistem pengelolaan perusahaan dalam bidang HSE
  • Meningkatkan perbaikan kinerja Keselamatan & Kesehatan Kerja serta Lindungan Lingkungan secara berkelanjutan bagi perusahaan dan kontraktor
  • Membantu memfasilitasi hubungan antar kontraktor, perusahaan klien maupun sub kontraktor dalam mengatur program yang selaras.
  • Administrasi dokumen perusahaan yang efektif
  • Meningkatkan performance perusahaan
  • Meningkatkan profit perusahaan

CSMS Ditujukan Pada Siapa Saja?

Pelatihan CSMS ini ditujukan untuk para kontraktor yang bekerja untuk perusahaan induk, purchasing yang menyeleksi kontraktor, HSE yang menangani kontraktor, user yang berhubungan dengan kontraktor.

Tahapan CSMS Meliputi :

  • Risk Assessment
  • Pre Qualification
  • Selection
  • Pre Job Activity
  • Work in Progress
  • Final Evaluation

Apa Saja Isi Dokumen CSMS

Dokumen CSMS juga berguna saat Anda ingin memenangkan proyek tender. Oleh karena itu, dokumen CSMS ini harus terimplementasi dengan baik. Pada umumnya dokumen CSMS terdiri dari 9 bagian sebagai berikut :

  1. Kepemimpinan dan komitmen
  2. Tujuan kebijakan dan strategi
  3. Organisasi, tanggung jawab, sumber daya, standard dan dokumentasi
  4. Penanganan bahaya dan pengaruh
  5. Perencanaan dan prosedur
  6. Pemantauan implementasi dan kinerja
  7. Audit dan peninjauan
  8. Manajemen K3
  9. Prosedur tanggap darurat

Pada setiap bagian yang telah disebutkan di atas terdapat sub bagian yang harus Anda implementasikan dengan jelas dan terinci. Bagi Anda yang membutuhkan bantuan profesional dalam menyusun dokumen CSMS untuk mengikuti tender, dapat mempercayakannya pada kami.

Jasa Pembuatan Dokumen CSMS

Kami, PT Citra Cipta Manajemen adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan, legalisasi dan  sertifikasi serta standarisasi produk, layanan dari untuk berbagai perusahaan. Salah satu layanan kami adalah jasa pembuatan dokumen CSMS terbaik dengan proses cepat.

Kami siap membantu proses penyusunan dokumen CSMS untuk seluruh perusahaan di Indonesia. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai perusahaan kami dengan mengunjungi www.ptcitraciptamanajemen.com. Atau langsung saja hubungi kontak di bawah ini untuk berkonsultasi dan dapatkan penawaran harga terbaik untuk jasa pembuatan dokumen CSMS!

Telepon 1 : 021-29021873
Telepon 2 :  082123887029
Whatsapp :  081231562828
Email  : info.citraciptamanajemen@gmail.com
Alamat  :  Grand Slipi Tower Lt. 9 Unit O, CHR Office, Jl. Letjen S Parman Kav. 22-24, Rt. 001, Rw. 004, Kel. Palmerah, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat 11480